Jenis Senapan Angin

Berbagai Jenis Senapan Angin :

Senapan angin adalah sebuah alat yang wajib dimiliki oleh siapapun yang hobi menembak selain menggunakan air softgun. Selain itu senapan angin juga lebih mudah dimiliki selain air softgun karena tidak memerlukan ijin kepemilikan dari pihak berwajib. Berbeda dengan AirSoft Gun, karena bentuknya yang menyerupai senjata api maka diharuskan memiliki ijin kepemilikan. Namun, tidak semua jenis senapan angin dapat dimiliki secara bebas. Hanya senapan angin berkaliber 4,5 mm saja yang tidak memerlukan ijin dari kepemilikannya. Jadi, jika anda ingin memiliki senapan angin 5,5mm maka anda harus memiliki ijin dari pihak berwajib.

Senapan angin sendiri terdiri dari berbagai jenis, dengan harga yang juga bervariasi dari yang murah hanya ratusan ribu rupiah hingga yang mahal hingga mencapai puluhan juta rupiah. Berikut beberapa jenis senapan angin yang ada :
  • Senapan Angin Spring / Pegas / Per
  • Senapan Angin Gas
  • Senapan Angin Multi Pump Pneumatic
  • Senapan Angin Single Pump Pneumatic
  • Senapan Angin Pre-Charged Pneumatic (PCP)
  • Senapan Angin CO2
Dari berbagai jenis senapan angin tersebut umumnya yang beredar di indonesia adalah yang berjenis Senapan Angin Spring / Pegas / Per, Senapan Angin Multi Pump Pneumatic, Senapan Angin Pre-Charged Pneumatic (PCP) dan Senapan Angin CO2. Oleh karena beberapa jenis inilah yang paling umum, maka saya hanya akan membahas mengenai senapan angin jenis ini saja dalam tulisan ini.
Di pasaran Senapan Angin Multi Pump Pneumatic disebut dengan Senapan Angin Pompa, sehingga tidak jarang para penjual senapan angin akan bingung jika anda bertanya mengenai Senapan Angin Multi Pump. Oleh karena itu jika anda bertanya pada penjual senapan angin di Indonesia untuk mencari yang jenis Multi Pump, gunakan istilah "Senapan Angin Pompa". Lebih bingung lagi jika anda bicara dalam bahasa inggris pada sang penjual senapan angin. ^_^ Senapan Angin Spring / Pegas / Per

Senapan Angin Spring / Pegas / Per cukup baik bagi anda yang kurang nyaman dengan senapan angin pompa, dengan senapan angin jenis spring anda cukup mengokang, mengisi pelurus dan menembak. Sehingga untuk dapat menembak prosesnya lebih cepat. Namun, senapan spring sendiri akurasi maksimalnya umumnya hanya berkisar pada jarak hingga 40 meter. Cara yang umum untuk meningkatkan jarak akurasinya adalah dengan mengganti per-nya dengan yang lebih panjang dan kuat. Senapan Angin Multi Pump Pneumatic

Senapan Angin Multi Pump Pneumatic tidak berbeda dengan Senapan Angin Single Pump Pneumatic, perbedaannya hanya pada berapa kali pompa yang dapat anda lakukan. Namun, orang lebih menyukai Senapan Angin Multi Pump Pneumatic oleh karena jarak akurasinya yang lebih maksimal. Senapan ini sangat cocok bukan hanya untuk menembak target namun juga untuk berburu oleh karena kekuatannya yang dapat diatur berdasarkan diameter tabung anginnya. Senapan ini sendiri memiliki akurasi hingga lebih dari 100 meter.

Senapan Angin Sharp Long Truglo Senapan Angin Multi Pump Pneumatic Sharp Long Truglo

Senapan Angin Multi Pump Pneumatic dalam beberapa kali pompa hanya dapat digunakan untuk satu kali menembak. Untuk mengatur jarak tempuh peluru/mimis dapat dilakukan dengan banyaknya jumlah pompaan. Namun, apabila senapan ini sudah dipompa secara maksimal maka jika dipaksa untuk dipompa lagi maka akan terasa berat.Senapan Angin Pre-Charged Pneumatic (PCP)

Senapan Angin Pre-Charged Pneumatic (PCP) memiliki kekuatan yang kurang lebih sama dengan Senapan Angin Multi Pump Pneumatic. Kekuatan senapan jenis ini berisi dari angin yang diisikan ke dalam tabung senapan. Proses pengisian anginnya dapat dilakukan dengan;

pemompaan menggunakan tangan menggunakan pompa terpisah, pemompaan menggunakan tangan dengan pompa terintegrasi, contohnya senapan angin gejluk, pemompaan dengan menggunakan kompresor, pemompaan menggunakan tabung Scuba.

Kelebihan jenis senapan ini adalah dengan satu kali pengisian angin dapat menembak hingga berkali-kali, jarak akurasi cukup jauh, tekanan / kekuatan tembaknya besar (mencapai 3000fps).

Tabung Scuba, Tabung Scuba untuk mengisi angin Senapan PCP

Kelemahannya jika anda mengisi anginnya dengan cara memompa tangan, ini akan cukup melelahkan sebab diperlukan ratusan kali pompaan agar tabung terisi penuh, atau jika anda mengisi menggunakan kompresor atau tabung, anda akan direpotkan dengan membawa peralatan tersebut. Namun, cukup selaras dengan kemampuannya yang baik.


4 Responses to "Jenis Senapan Angin"

  1. emg pcp bisa di isi pke kompressor mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mas,tapi kompresor khusus bertekanan tinggi yang biasanya buat ngisi tabung scuba,. :)

      Hapus
  2. Mas kalu. Sharp niko gimana cara perawatanyah makasih

    BalasHapus
  3. Mas, kalau cara perawatan senapan angin sharp merk sharp monster gimna yha ?

    BalasHapus

Berkomentarlah Secara Bijak Dan Kami Akan Secepatnya Membalas Komentar Anda,. Terima Kasih.

 | 

wdcfawqafwef