Cara Memilih Teleskop Senapan Angin

Tips dan Trick Memilih Teleskop - Mungkin kita tahu bahwa sebuah harga bisa menentukan kwalitas suatu barang dan pasti nya yangg mahal sudahh tentu bagus, tapi tidak semua barang yangg mempunyai harga tinggi memenuhi/sesuai dengan selera dan kebutuhan kita masing-masing. misal kita membeli tele yang harga 6 juta rupiah, yang mana telescope tersebut bisa dipakai pada senpi. belum tentu tele tersebut bisa kita aplikasikan untuk senapan gejlug, berarti, yang mahal belum tentu bisa sesuai dgn kebutuhan kita bukan....?
Tetapi bukan soal harga tinggi atau murah yang akan coba saya ulas pada tulisan kali ini,melainkan bagaimana cara memilih sebuah telescope yang baik dan benar:
  • 1. LENSA.
Lensa adalah bagian utama dari sebuah telescope, dimana lensa mengambil peranan terpenting. dan ada baiknya anda selalu memilih telescope yang mempunyai struktur lensa yangg jernih, tidak ngeblur dan memiliki fokus yang baik. dan perhatikan sebelum membeli, apakah mata kita merasa nyaman saat kita coba membidik sebuah object....? atau malah mata kita merasa tegang dan lelah....? atau bahkan object terlihat buram/tidak fokus....? jgn teruskan untuk menggunakan/membeli telescope dengan tanda-tanda tersebut. karna dalam penggunaan jangka lama, akan dapat merusak / mengakibatkan gangguan pada mata anda. jangan korbankan indra no 1 anda hanya karna sebuah telescope yang kurang memenuhi syarat/kurang baik/cacat produk.
  • 2. BAHAN / BODY.
Telescope yang baik selalu memiliki body/tabung dari bahan yang bermutu,kuningan,aluminium aloy, dan lain-lain nya. serta memiliki kontur yang tebal,agar terlihat gagah, kokoh dan kuat atau tidak penyok saat dipadukan dengan mounting bertekanan kuat. sebelum anda membeli,sentil dengan jari tangan atau dengan benda non logam bagian body telescope.(anda pasti bisa membedakan bunyi dari bahan yang tebal dan tipis).
  • 3. TURRET.
Pilihlah selalu telescope yang memiliki turet yang tidak mudah bergoyang sewaktu kita goyangkan dengan jari. karna bila bergoyang, sudah bisa kita pastikan hasil seting kitapun mudah labil. serta perhatikan juga bahan dari turet dan rumah turet tersebut (bukan tutup turret). telescope yang baik selalu menggunakan bahan kuningan chrom atau aluminium yang baik, bukan dari bahan babet. karna disamping mudah aus, bahan tsb juga mudah patah/gompal.
  • 4. EYEPIECE/PENGATUR DIOPTRI -/+.
Perhatikan yang satu ini, dioptri/eyepiece terletak dibagian belakang/ocular telescope. putar ke arah kiri/counterclockwise/berlawanan arah jarum jam. setelah diputar, goyangkan bagian tersebut, apabila terasa koclak, itu artinya tele juga dapat berubah/labil posisi bayangan objec nya pada saat tele terkena atau tersentuh pada bagian belakangnya. berbeda dengan telescope yang baik, yang memiliki system yang kokoh dan tidak bergoyang atau koclak pada bagian yang disebutkan tadi.
  • 5. POWER RING / CINCIN ZOOM.
Putar bagian ini dari mulai angka terkecil sampai angka terbesar nya, putar berulang-ulang/bolak balik beberapa kali sambil rasakan apakah terasa ringan, terlalu ringan, atau bahkan terlalu berat seakan-akan ada sesuatu yang nyangkut....? pada tele yang baik, ring akan terasa nyaman saat diputar. tidak terlalu ringan/nyeplos, dan tidak terasa ada yang mengganjal karna bila terlalu ringan itu tandanya tabung lensa zoom dibagian dalaamnya terlalu longgar/terlalu besar space nya, yang mana bisa mengakibatkan perubahan titik target crosshair/reticle dengan object/target. dan bila terlalu berat,itu bisa disebabkan karna pembuatan tabung dalamnya yang kurang rapih atau kasar.
  • 6. HARGA.
Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah, bila harga normalnya jauh diatasnya. karna biasanya tele dengan harga yang terlalu murah adalah tele yang "asal jadi", cuma jual merk, sementara kwalitasnya jauh dibawah harganya yang sudah murahan. dan juga perhatikan keaslian dari tele yang akan anda beli.... apakah orginal...? berlisensi...? atau ori ori an alis aspal.... atau ibarat kertas sudah difotocopy, di fotocopy lagi.......,, sungguh mengenaskan....
  • 7. RECOMENDED & SPECIALIST SELLER.|
Carilah dan belilah selalu tele anda, dan konsultasikan akan kebutuhan tele anda pada seller yang memang benar-benar mengerti atau sudah terbukti dibidanggnya. karna anda akan mendapatkan layanan konsultasi pra order yang lebih detil dan lengkap. karna seller yang specialist, akan mengatakan "TIDAK" apabila memang tele yang anda pilih tidak sesuai untuk diaplikasikan dengan kebutuhan senapan anda. bukan seller yang cuma tau dari melihat pada box/kemasan..... Dan yang terakhir adalah.....sebelum memilih-milih sebuah telescope, pastikan dahulu uang/dana anda apakah uang anda cukup, atau bahkan anda tidak/belum sama sekali punya uang.....?

2 Responses to "Cara Memilih Teleskop Senapan Angin"

  1. http://infosengin.blogspot.com/2014/02/cara-memilih-teleskop-senapan-angin.html

    BalasHapus
  2. Kira" merk apa yang bagus dgn budget 1 jt kebawah ya gan mohon info nya..

    BalasHapus

Berkomentarlah Secara Bijak Dan Kami Akan Secepatnya Membalas Komentar Anda,. Terima Kasih.

 | 

wdcfawqafwef